Jurnal Refleksi Modul 3.3

Refleksi Model 4F

Modul 3.3_Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid

Oleh; Muh. Minan, M.Pd

 

Kamis, 17 November 2022                                                                              

Saya merasa senang sekali, setelah saya belajar modul 3.3 bersama Fasilitator, Pengajar  Praktik, Instruktur dan rekan CGP mengenai Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid. Banyak ilmu baru yang saya dapatkan dari proses belajar pada modul ini, mulai dari Ruang Kolaborasi, Presentasi, Demonstrasi kontekstual dan Elaborasi pemahaman. Dari rangkaian kegiatan tersebut banyak sekali ilmu baru yang saya dapatkan baik dari penjelasan fasilitator, instruktur ataupun pengalaman rekan CGP.

Setelah melakukan diskusi bersama fasilitator dan rekan-rekan CGP pada ruang kolaborasi, saya semakin senang karena banyak mendapat pencerahan dan ide-ide terkait Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid yang tadinya saya memahaminya hanya lewat modul dan tayangan video, namun saat berdiskusi saya bisa langsung mengeksplor pemahaman saya dan bertukar pikiran dengan rekan-rekan CGP yang dipandu oleh fasilitator.

Pola pikir saya sebelum mempelajari modul ini selalu menganggap bahwa murid ini tidak perlu terlibat dalam pembuatan program, gurulah yang menyaipkan program-program dan murid hanya menjalani kegiatannya. Akan tetapi setelah saya mempelajari modul ini, saya semakin faham bahwa dalam penyusunan program yang baik justru melibatkan murid, agar murid dapat memberikan suara, pilihan dan dapat menunjukkan kepemimpinannya. Ketika murid terlibat dalam program maka program tersebut merupakan program yang paling tepat buat murid, karena disusun berdasarkan kebutuhan murid, dan program tersebut akan terus dikenang oleh murid.

Pembelajaran minggu ini membuat saya lebih memahami Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid setelah saya melakukan aksi nyata disekolah tempat saya mengajar. Ketika saya menerapkan aksi nyata maka betapa besarnya peluang bagi kita dalam membuat program-program yang berdampak positif pada murid yang bisa dimanfaatkan demi kemajuan sekolah/komunitas pendidikan.

Saya mulai merancang sebuah program yang bersmpak positif pada murid, yaitu membuat literasi budaya dan akhalak mulia yang bersumber dari kitab suci. Rencana tersebut saya buat berdasarkan visi dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah,  melaksanakan rencana aksi yang sudah diprogramkan, dan mencoba selalu menemukan serta mengenali hal-hal yang positif dalam kehidupan dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, berusaha konsisten memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, menjadikan sebagai inspirasi yang menjadi kekuatan dan potensi positif.

Kedepannya saya akan terus mencoba menerapkan Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid.  Saya juga akan berbagi ilmu kepada rekan-rekan guru ditempat saya bekerja agar kita sama-sama dapat mewujudkan merdeka belajar dilingkungan sekolah. Semoga pada kegiatan pembelajaran modul berikutnya, saya dapat mengikutinya dengan baik, dan dapat menerapkananya pada aksi nyata. Terakhir kata saya sangat bangga menjadi bagian dari Calon Guru Penggerak yang sudah mampu membawa perubahan positif bagi lingkungan tempat saya mengabdi. Semoga kita semua dapat menjadi manusia yang sehat raganya dan bahagia jiwanya.

Komentar

Postingan Populer